Tips Merawat Laptop ( Notebook / Netbook )

blogger templates

Laptop adalah contoh barang elektronik yang sekarang mulai sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Laptop pun sama halnya seperti  manusia yang harus selalu dirawat, cara merawat laptop tidaklah susah tetapi tidak juga untuk di sepelekan karena hal ini sebenarnya sangat penting agar Laptop tersebut memiliki umur yang panjang atau awet dan tahan lama.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat laptop agar memiliki umur yang panjang :

1.   Hindarkan Laptop anda dari sinar matahari secara langsung. Laptop adalah alat yang sangan sensitif dan mudah rusak jika terkena sinar matahari secara langsung. Baik ketika kita kerja maupun ketika kita menyimpannya pun harus terlindung dari sinar matahari.

2.    Berhati – hati dalam mendownload Software dari internet.  Resiko software yang kita download itu memiliki virus cukup besar, jadi jika kita masih tetap ingin menggunakan software yang kita download melalui internet pastikan kita scan software tersebut dengan antivirus terlebih dahulu.

3.  Jangan letakan Laptop di lantai. Resiko Laptop tersebut terinjak sangatlah besar dan ketika Laptop kita taruh di lantai resiko terkena debunya pun sangat besar apalagi jika lantai tersebut jarang disapu dan di bersihkan.

4.   Jangan letakan Laptop anda di tempat yang permukaannya terlalu empuk. Ketika kita menyimpan Laptop kita pada permukaan yang terlalu empuk ini adalah hal yang sangat berbahaya karena sirkulasi udara pada Laptop tersebut akan terganggu dan menyebabkan Laptop tersebut akan lebih cepat panas dan dapat merusak bagian Prosessor.

5.   Jangan letakan benda apapun diantara keyboard dan layar Laptop lalu menutupnya. Resiko layar Laptop tergores cukup besar jika kita menyimpan barang apapun diantara keyboard dan layar Laptop, meskipun barang tersebut adalah kertas sekalipun resiko tergores tetap cukup besar.

6.   Jangan makan dan minum dan meletakan benda yang mengandung cairan disekitar Laptop. Hal ini sangat penting karena Laptop sangat peka sekali jika terkena bahan yang berbentuk cairan apalagi jika masuk kedalam keyboard.

7.   Jangan memberikan penutup apapun termasuk sarung Laptop pada saat Laptop dalam keadaan menyala karena ini juga akan menggangu sirkulasi udara pada Laptop dan akan berakibat pada kerusakan Prosessor dan komponen Laptop didalamnya.

8. Hindari getaran dan jauhkan Laptop dari alat pengeras suara seperti loudspeaker, mesin/kendaraan berat dan sumber getaran lainnya.

9.   Hindari Laptop dari sinar x-ray di airport.

10. Jika Laptop bermasalah jangan pernah berfikir untuk membongkar Laptop itu sendiri. Sebaiknya serahkan kepada orang yang professional dan lebih berpengalaman. Khusus pada Laptop yang masih bergaransi membongkar Laptop dapat juga merusak sticker garansi yang melekat pada Laptop.

11. Gunakan tas Laptop yang aman. Ada banyak tas Laptop baik bawaan dari toko ataupun kita beli sendiri. Yang pasti hal yang harus diperhatikan adalah Laptop harus cukup aman dari goncangan dan menggunakan gabus atau busa pengaman yang cukup baik.

12. Gunakan stabilizer sebagai pengaman terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan kondisi listrik yang tidak stabil, gunakan stabilizer meskipun itu yang standar tetapi bisa meminimalisir kerusakan hardware pada Laptop.

13. Jauhakan dari benda yang mengandung medan magnetik kuat. Laptop sangat peka terhadap benda – benda yang mengandung daya magnet jadi jika kita sedang menggunakan Laptop jauhkan lah benda – benda yang mengandung medan magnet agar tidak merusak kinerja dari Laptop tersebut.

14. Jangan meletakan sesuatu diatas Laptop jika sedang tidak di gunakan apalagi jika barang tersebut memiliki bobot yang cukup berat karena dapat merusak layar monitor pada Laptop.

15. Hati-hati pada saat membawa Laptop. Walaupun kita sudah menggunakan tas Laptop namun kita harus tetap berhati-hati dalam membawa Laptop. Jika kita menggunakan tas Laptop ransel jangan sampai terjadi penumpukan barang yang terlalu banyak, dan hindari juga benturan – benturan yang cukup keras.

16. Rawatlah Baterai Laptop jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai pada Laptop.


17. Menurut survei, kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada harddisk dan LCD display/layar. Kerusakan harddisk diakibatkan benturan atau terjatuh. Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.

18. Rapikanlah kabel-kabel adaptor atau kabel lain yang sedang terhubung dengan laptop, jangan sampai membuat orang lain tersandung.

19. Selain kerusakan harddisk dan LCD, tumpahan cairan adalah penyebab kerusakan laptop yang paling umum, atau pakai selembar film-transparan yang disebut ‘keyboard protector’.

20. Lindungi modem laptop. Gunakan modem yang mempunyai fitur digital-line guard. Karena fitur ini akan menjaga modem dari kerusakan jika secara tidak sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN. Dan berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.

21. Dalam iklim Asia, suhu yang lembab bisa jadi masalah besar untuk laptop yang dirancang di Amerika Serikat. Untuk mengurangi kemungkinan masalah, pastikan laptop tersimpan di tempat yang kering dan sejuk. Jika laptop tidak digunakan untuk waktu yang lama, simpanlah laptop dalam wadah yang rapat dan masukkan silica gel . Silica gel ini seperti halnya yang terdapat dalam botol obat, kemasan barang2 elektronik (bungkusan kecil bertuliskan ‘Dessicant Silica Gel’). Atau bisa dibeli di toko bahan kimia. Silica gel ini merupakan bahan kimia yg bersifat Higroskopis (menyerap uap air / kelembaban).

22. Listrik padam dan gangguan tegangan dapat terjadi sewaktu-waktu, di rumah, di kamar hotel atau di kantor. Jika memungkinkan, gunakanlah ’surge-protector’ jika sedang menggunakan AC outlet. Dan jangan lupa membuat back-up data secara rutin.


23. Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (private branch exchange) atau saluran telpon digital. Laptop hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched telephone network). Penggunaan saluran telpon selain PSTN dapat merusak modem laptop.

24. Jangan sering pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.

25. Lepas Battery Laptop apabila tidak dipergunakan lebih dari 3hari.

26. Biasakan untuk secepatnya charging apabila Battery kurang dari 20% dan secepatnya cabut Adapter Charger setelah Battery full.

27. Yang terakhir bersihkanlah Laptop secara berkala dan rutin. Bersihkan Laptop terutama pada bagian keyboard dan layar monitor. Untuk membersihkan keyboard dianjurkan menggunakan kuas yang halus dan untuk membersihkan layar monitor dianjurkan menggunakan pembersih khusus yang dapat kita beli di toko komputer.

Pesan saya janganlah anda malas membersihkan Laptop anda karena itu adalah hal penting agar laptop kita bisa berumur panjang dan yang tidak kalah penting yaitu Kartu Garansi anda jangan sampai hilang dan apabila terjadi kerusakan fatal terhadap Laptop anda bawa ke tempat Toko pada saat anda membeli Laptop tersebut. Semoga info ini bermanfaat dan bisa membantu anda semuanya.

1 Response to "Tips Merawat Laptop ( Notebook / Netbook )"

  1. I've used AVG security for a number of years now, and I would recommend this anti virus to all of you.

    ReplyDelete